4 Langkah Cepat Belajar Membuat Karya Sastra Tulisan untuk Pemula

4 Langkah Cepat Belajar Membuat Karya Sastra Tulisan untuk Pemula

FORUMBACA.COM - Hi, Sobat Forum Baca, gimana nih kabar kamu selama masa #dirumahsaja? Sudah enggak bingung lagi bakal ngapain aja selama masa karantina ini, kan? Kalau masih bingung mau ngapain, mimin saranin banget ke kamu buat mencoba hal-hal baru yang belum pernah kamu kerjain sebelumnya! Karena waktu-waktu seperti inilah kamu bisa belajar banyak hal tanpa harus pusing-pusing mikirin kapan bisa belajar hal-hal baru karena terhalang pekerjaan ataupun tugas.

Salah satu kegiatan yang bisa kamu coba adalah menulis. Dengan menulis kita dapat mengetahui bagaimana proses lahirnya sebuah tulisan yang baik, menambah kosa-kata yang baru, serta belajar bermain dengan kata-kata. Bahkan, kita juga bisa belajar bagaimana mengungkapkan suatu hal dengan jelas hanya dengan sebuah tulisan tanpa harus menyinggung makna yang diinginkan loh. Pengungkapan makna seperti ini biasanya dapat kita temui dalam karya-karya sastra seperti halnya puisi, prosa, sajak, novel, dan lain-lain.

Sebelum mulai menulis sebuah karya sastra, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa sih pengertian dari karya sastra itu. Dalam Wikipedia disebutkan bahwasanya kata “Sastra” adalah sebuah kata yang diserap dari Bahasa Sanskerta yang artinya “Teks yang mengandung instruksi atau pedoman”. Jadi dalam penulisan sebuah sastra terdapat aturan-aturan tertentu yang harus dipenuhi agar karya tersebut dapat dikatakan sebagai sebuah karya sastra. Biasanya nih, karya sastra itu dikenal dengan keindahan kata-kata yang digunakan oleh si mimin. Kalau kamu suka dengan buku-buku seperti “Amor Fati” milik Syahid Muhammad, “Evolusi Rindu” kepunyaan Genta Kiswara, serta “Catatan Juang” dan “Arah Langkah” nya bung Fiersa Besari, pasti kamu tahu bagaimana keindahan Bahasa dan kata yang mereka gunakan dalam buku-buku tersebut.

Nah, kali ini mimin akan kasih ke kamu beberapa tips bagaimana sih cara menulis karya sastra yang baik. Enggak usah kelamaan dah, langsung aja cekidot!

1. Siapkan Alat Tempurmu

Sebelum menulis sesuatu, kamu pasti butuh media untuk menulis bukan?. Jadi siapkan terlebih dahulu media yang akan kamu gunakan untuk menulis. Tidak harus melulu dengan buku dan kertas loh ya, karena di zaman sekarang menulis pun juga bisa dilakukan dengan gadget yang ada dalam genggaman tangan kamu.

2. Buatlah Kerangka Konsep

Setelah alat tempurmu sudah siap, Ada baiknya kamu buat terlebih dahulu Kerangka Konsep dari karya yang akan kamu buat. Di dalam kerangka tersebut kamu tentukan terlebih dahulu tema, latar belakang, latar, serta gambaran keadaan yang akan kamu ungkapkan dalam sebuah karya sastra.

3. Mulailah Menulis

Inilah titik utama dalam pembuatan sebuah karya sastra, yakni Menuliskannya! Perlu diperhatikan bahwa ketika dalam tahapan ini, kamu tak perlu memikirkan permainan kata dan diksi terlebih dahulu. Karena itulah sebenarnya yang menghambat proses kamu dalam menulis sebuah karya sastra dan pada akhirnya karya itu akan terbengkalai karena si penulis enggan untuk melanjutkan proses menulisnya. Intinya kamu cukup fokuskan menulis apa saja yang akan kamu tuliskan dalam karya kamu.

4. Diamkan, Tinjau Kembali, dan Revisi Naskah Tulisan

Ketika seluruh isi kerangka konsep dalam naskah sudah rampung dituliskan dalam naskah, langkah selanjutnya adalah mendiamkannya beberapa hari sembari memperkaya bacaan dan referensi dari penulis lain yang berkaitan dengan karya yang sedang kamu kerjakan. Setelah didiamkan, jangan lupa untuk membuka kembali naskah yang telah kamu buat dan bandingkan dengan referensi bacaan yang telah kamu peroleh selama proses pendiaman naskah. Jikalau menemui ada beberapa hal yang dirasa kurang cocok dalam naskah kamu, maka kamu bisa merevisi naskah kamu. Pastikan juga revisi yang kamu lakukan masih tetap dalam satu arah dengan kerangka konsep yang telah ditentukan.

Hal ini juga jadi alasan mengapa dalam tahapan proses penulisan kamu tidak dianjurkan untuk memperhatikan isi dari naskah kamu hingga ranah permainan kata dan diksi. Agar hasilnya memuaskan, mimin sarankan untuk mengulangi tahapan ini beberapa kali dan jangan terlalu banyak. Karena bila tahapan ini dilakukan terlalu banyak maka akan menghambat rampungnya proses pembuatan karya sastra milik kamu. Setelah tahapan ini rampung, maka kamu telah memiliki karya sastra sendiri.

Bagaimana sobat Forum Baca? Cukup mudah kan membuat sebuah karya sastra milik kamu sendiri? Semoga ilmu ini dapat bermanfaat bagi kamu ya!

Jika kamu ingin menerbitkan karyamu atau ikut berkontribusi di forumbaca.com, hubungi admin melalui email admin@forumbaca.com.

Dapatkan Update Artikel Bermanfaat Setiap Hari

2 Komentar untuk "4 Langkah Cepat Belajar Membuat Karya Sastra Tulisan untuk Pemula"

  1. Terimakasih. Artikel ini sangat membantu saya yang baru belajar karya sastra

    BalasHapus
  2. Bagus banget, sangat membantu

    BalasHapus
Notes:
Centang "Notify Me/Beri Tahu Saya" agar mendapatkan notifikasi balasan komentar admin melalui Email.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel