7 Kegiatan Menarik dan Produktif Mengisi Waktu Luang Saat Lockdown

7 Kegiatan Menarik dan Produktif di Rumah Mengisi Waktu Luang Saat Lockdown (Image by Karolina Grabowska from Pixabay)

FORUMBACA.COM - Seperti yang kita tahu, beberapa pekan ini semua daerah regional maupun non regional di banyak negara mengalami musibah yang cukup sulit untuk ditangani. Ya, kali ini pembicaraan kita mengarah terhadap corona yang mulai mendominasi berbagai headline topik teratas dunia.

Berbagai langkah untuk antisipasi penyebaran sedang dilakukan oleh pemerintah untuk menekan jumlah korban yang semakin meninggi. Mulai dari himbauan pemakaian masker, larangan memakan makanan hewan mentah, larangan keluar negeri ataupun keluar kota, social distancing bahkan lockdown dalam rumah.

Lantas bagaimana cara agar lockdown kita menjadi produktif dan menyenangkan? Berikut tips untuk menjalani aktivitas di dalam ruangan disela lockdown wabah virus corona.

1. Olahraga ringan

Buat kamu yang selalu menerapkan hidup sehat pasti seringkali melakukan olahraga di tempat terbuka ataupun gym. Akan tetapi kali ini kamu tidak perlu khawatir karna lockdown tidak membatasi ruang akses sehat bagi tubuh kamu! Kamu akan tetap bisa untuk melakukan olahraga di dalam rumah atau balkon seperti yang dilakukan oleh banyak masyarakat china saat fase lockdown. Hasil olahraga dirumah seperti push up, lari ditempat, sit up, latian yoga tidak kalah bermanfaat dibanding diluar ruangan lho

2. Belajar memasak pola makanan sehat

Siapa yang tidak suka makan? Semua orang pasti suka dan wajib makan. Akan tetapi tahukah kamu kalau tidak semua makanan yang kita makan diluar sehat? Maka dari itu kita harus belajar untuk memasak dan belajar resep sehat terutama dengan memanfaatkan sayur-sayuran dan bahan 4 sehat 5 sempurna untuk meningkatkan sistem imun tubuh kamu!

3. Memanfaatkan hobi tertentu

Banyak dari kita suka menulis tapi tidak memiliki wadah untuk membagikan, banyak dari kita suka membuat logo tapi masih ragu mempublikasikan, banyak dari kita yang suka bermain quiz tapi tidak tahu ada kesempatan dibalik itu! banyak dari kita suka editor fotografi tapi masih belum memiliki kesempatan untuk mengubah karya memiliki nilai! Kita bisa memanfaatkan Sribulancer atau Upwork tentang design grafis,photografi, videografi atau bikin template powerpoint lho, atau kita bisa memnafaatkan platform survey remotask buat yang suka mengisi kuisioner tapi malah dibayar , Buzzbreak atau Cashzine buat kamu yang suka baca dan dapet finansial tipis-tipis. Serta masih banyak platform buat mengapresiasi hobi kamu, jadi jangan berhenti untuk mengembangkan diri guys!

4. Kerjakan tugas sebelum deadline

Lockdown bukan rebahan guys! So, banyak hal yang menumpuk untuk diselesaikan tak terkecuali masalah tugas sekolah. Yap, bagi kamu para pelajar yang memiliki tugas via online, tidak ada masalah kamu juga harus menyiapkan waktu khusus untuk belajar dan menyelesaikan materi yang harus dikuasai. Selain mengasah fikiran kita disela himbauan lockdown, menyelesaikan tugas secara tepat waktu bisa mencegah stres akibat sistem kebut semalam mengumpulkan!

5. Membantu pekerjaan rumah keluarga

Sudah tidak asing kalau kita harus membantu meringankan beban orang tua termasuk pekerjaan rumah! Buat kamu yang merantau dan balik ke rumah jangan hanya menjadi tamu, tapi mulailah berdiri dan membantu secara berkala untuk kebaikan bersama agar rumah terlihat rapi dan pakaian bersih!

6. Menghibur diri dengan kegiatan cerdas

Maksudnya? Ada saatnya kita butuh asupan untuk menghibur diri menghindari kegiatan monoton. Contohnya bermain social media ataupun menonton film. Saran cerdas untuk tetap produktif saat refresh fikiran adalah melihat hal-hal yang menarik dan menghibur akan tetapi tetap memiliki nilai edukasi. Kita bisa melihat film-film fantasy yang membuat kita berfikir kritis, bertukar fikiran dalam forum social media untuk meningkatkan minat kita terhadap esensi komunikasi dan cara bertukar pendapat yang baik, ataupun mengunjungi laman hiburan di platform smartphone dengan topik yang fresh agar kita tidak ketinggalan zaman!

7. Waktunya bayar hutang membaca buku

Coba cek rak buku kamu, bisa jadi buku favorit kamu sudah terbengkalai cukup lama. Bahkan bisa jadi kamu sudah lupa kalau kamu punya buku. Nah, ketika kamu punya banyak waktu saat lockdown, saatnya kamu bereskan hutang kamu. Yuk perbanyak kegiatan literasi, jangan sampai kamu malah banyak cemas karena wabah yang tak kunjung berakhir. Ingat, saat kamu stress sistem imun kamu dapat menurun lho!

Demikian tips agar aktivitas lockdown kamu bisa bermanfaat dan menghasilkan energi positif. Banyak hal lain yang sangat disarankan seperti ibadah di rumah doa di rumah, dan lain sebagainya.

Lantas hal apa yang sudah kamu untuk meningkatkan produktivitas di masa lockdown ini? Silahkan berkomentar jika kamu memiliki hal unik untuk produktivitas diwaktu lockdown.

Dapatkan Update Artikel Bermanfaat Setiap Hari

3 Komentar untuk "7 Kegiatan Menarik dan Produktif Mengisi Waktu Luang Saat Lockdown"

Notes:
Centang "Notify Me/Beri Tahu Saya" agar mendapatkan notifikasi balasan komentar admin melalui Email.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel