Teknologi "Tracetogether" Solusi Pemerintah Pantau Pergerakan Pasien Positif Corona

Teknologi "Tracetogether" Solusi Pemerintah Pantau Pergerakan Pasien Positif Corona

FORUMBACA.COM - Wabah virus corona di Indonesia semakin hari semakin meningkat. Menurut World Health Organization (WHO), Virus Corona COVID-19 dapat menular dari orang satu ke orang lain. Virus ini dapat menyebar melalui tetesan kecil (droplets) yang keluar saat mereka yang terinfeksi virus bersin atau batuk.

Tetesan tersebut kemudian mendarat pada suatu permukaan benda, ketika seseorang yang sehat menyentuh permukaan tersebut lalu menyentuh mata, hidung atau mulut mereka maka penularan virus corona terjadi. Virus corona juga menyebar ketika tetesan kecil (droplets) terhirup oleh orang yang sehat saat berdekatan dengan orang yang terinfeksi virus corona.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengatakan bahwa kini bisa mengikuti pergerakan pasien positif Covid-19. Pengawasan akan dilakukan dengan sebuah aplikasi yang dipasang di ponsel pasien yang terinfeksi virus corona.

Pengawasan atau surveilans terhadap pasien positif corona dilakukan mengguakan aplikasi sejenis "Tracetogether". Aplikasi ini dikembangkan oleh operator seluler di Indonesia dan akan terpasang pada ponsel pintar (Android atau IOS) milik pasien positif Corona Covid-19.

Aplikasi Tracetogether ini memiliki beberapa fitur atau fungsi sebagai berikut:

1. Tracking and Tracing (pelacakan dan penelusuran)

Fitur ini akan melakukan penelusuran (tracing) dan pelacakan (tracking) terhadap kemana pasien berpergian selama 14 hari ke belakang. Dengan begini, pemerintah dapat mengetahui dimana potensi lokasi-lokasi penyebaran virus corona.

2. Fencing (pengurungan)

Setelah mendapatkan hasil dari tracking dan tracing, nomor ponsel di sekitar orang positif corona akan diberikan peringatan/warning untuk segera menjalankan protokol keamanan kesehatan orang dalam pengawasan (ODP).

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memberikan penanganan kepada pasien Covid-19 dalam hal isolasi (fencing). Aplikasi akan memberikan peringatan jika pasien dalam pengawasan (PDP) jika melewati batas lokasi isolasinya. Pengawasan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Kominfo Nomor 159 Tahun 2020 tentang Upaya Penanganan COVID-19 melalui Dukungan Sektor Pos dan Informatika.

Penyelenggaraan tracing, tracking dan fencing melalui infrastruktur, sistem dan aplikasi telekomunikasi ini bertujuan untuk mendukung Surveilans Kesehatan, yang dilakukan sesuai dengan regulasi bidang kesehatan, kebencanaan, telekomunikasi, informatika, dan bidang terkait lainnya.

Kegiatan pengawasan terhadap pasien ini dilakukan oleh Kominfo dan operator seluler bersama Kementerian Kesehatan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dengan adanya pengembangan teknologi "Tracetogether" akan membantu pemerintah dalam menghambat dan mengatasi pergerakan wabah virus corona covid-19 di Indonesia.

Dapatkan Update Artikel Bermanfaat Setiap Hari

2 Komentar untuk "Teknologi "Tracetogether" Solusi Pemerintah Pantau Pergerakan Pasien Positif Corona"

  1. Artikel ini sangat membantu di tengah pandemi ini

    BalasHapus
  2. Keren, berita seperti ini yang dibutuhkan masyarakat min

    BalasHapus
Notes:
Centang "Notify Me/Beri Tahu Saya" agar mendapatkan notifikasi balasan komentar admin melalui Email.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel