22 April: Cara Sederhana Peringati Hari Bumi di Tengah Covid-19

Selamat Hari Bumi Sedunia 22 April 2020
22 April: Peringatan Hari Bumi Sedunia
FORUMBACA.COM - Apa sih hari bumi itu? Pada dasarnya hari bumi adalah sebuah peringatan untuk mendukung dan meningkatkan kesadaran warga dunia terhadap pentingnya upaya perlindungan lingkungan. Taukah kamu kapan hari bumi sedunia dilaksanakan? Hari Bumi sedunia dilaksanakan pada 22 April setiap tahunnya.

Gerakan ini berawal dari gerakan nasional di Amerika Serikat pada tahun 1917. Ditengah pandemi Covid-19 ini, apa yang bisa kita lakukan untuk memperingati hari bumi se-dunia ini? Bukan cuma sekedar ucapan selamat hari bumi sedunia, inilah hal sederhana yang bisa kamu lakukan.

Tanam Minimal 1 Pohon di Sekitar Rumah

Ayo mulai menanam pohon di sekitar lingkungan rumahmu, cukup sederhana dan tidak perlu melakukan aksi besar-besaran. Mulai dengan langkah mudah, misalnya dengan menamam akar sayuran yang kamu beli seperti bawang, kunyit, kencur, biji kacang, biji cabai dan sebagainya.

Dengan begitu tumbuhan yang kamu tanam akan membantu memproduksi oksigen di sekitar rumahmu, selain itu kamu juga dapat menikmati hasil panennya nanti. Dan jangan lupa untuk dirawat dengan cara disiram dan diberi pupuk secara teratur ya...

Hindari Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Hal sederhana berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara menghindari penggunaan plastik sekali pakai, baik kantong plastik atau botol minuman plastik. Ketika berbelanja, bawalah kantong belanja sendiri yang bisa digunakan berkali-kali agar tidak perlu meminta kantong plastik kepada penjual. Ketika berpergian atau olahrga, bawalah minum sendiri dari rumah. Dengan begitu kamu bisa membantu mengurangi penggunaan plastik.

Jika masih memerlukan "konsumsi" plastik cobalah untuk menghindari plastik sekali pakai, untuk hari ini cobalah untuk menghindari yang sekali pakai sperti air mineral dalam kemasan, snack, sedotan, atau kopi dalam gelas. Tolong, untuk hari ini dan semoga bisa menjadi kebiasaan baik kedepannya.

Kurangi Penggunaan Kertas

Kertas merupakan pembunuh pohon paling besar di dunia, karena bahan baku kertas adalah dari sebuah batang pohon. Di tengah Covid-19 ini adalah sebuah kesempatan besar untuk kita lebih hemat kertas, dari sebelumnya setiap tugas dikerjakan diatas kertas, sekarang cukup diketik dan dikirimkan kepada guru. Namun bagaimana jika tugas tetap harus ditulis di kertas lalu di foto? Yuk, ingatkan untuk lebih hemat kertas. 😄

Lebih Hemat dalam Menggunakan Listrik

Listrik merupakan bagian terpenting dalam kehidupan saat ini, terutama dalam kebutuhan produk elektronik. Siapa yang suka membiarkan charger masih terpasang di stop kontak setelah mengisi daya? Mari kita kurangi konsumsi listrik di hari ini dengan mencabut semua steker tak terpakai yang masih menancap di terminal listrik. Meskipun terlihat seperti langkah sederhana, tetapi dampaknya cukup besar.

Perbaiki Keran Air yang Bocor

Nampaknya biasa saja ketika melihat keran air yang bocor dan terus menetes? Perlu kamu ketahui, hanya 1% air di bumi yang bisa diminum. Betapa berharganya air bersih ini, yuk perbaiki kerusakan keran air di lingkungan kamu.

Memilah dan Memilih Sampah

Sampah merupakan salah satu masalah lingkungan terbesar di dunia, ber ton-ton sampah diproduksi setiap harinya. Di hari bumi ini, yuk mulai dengan langkah sederhana dengan cara memilah dan memilih sampah yang bisa di daur ulang, bisa juga dengan memilah sampah berdasarkan jenisnya.

Mendaur Ulang Barang Bekas

Barang bekas yang dibiarkan lama-lama akan menumpuk dan dapat mengganggu pemandangan kita. Yuk, daur ulang barang bekas di rumahmu seperti botol dan plastik bekas untuk dijadikan kerajinan, hiasan, dan sebagainya. Mengingat sebentar lagi bulan Ramadhan dan disusul dengan hari lebaran, mari tata rumah kita. Kamu bisa coba Membuat Kerajinan dari Kardus Bekas.

Mengajak Orang Melalui Media Sosial

Di tengah pandemi ini, cara termudah yang bisa kita lakukan adalah dengan membuat status, story di media sosial kita. Kamu bisa pasang Twibbon Pekan Hari Bumi 2020 atau membagikan gambar ucapan selamat hari bumi untuk memotivasi teman atau saudara kamu.

Itulah beberapa cara atau langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk memperingati hari bumi sedunia, semoga bermanfaat. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman atau saudara kamu ya... 😇

Ditulis: Fajar Wahid Rifai

Dapatkan Update Artikel Bermanfaat Setiap Hari

Belum ada Komentar untuk "22 April: Cara Sederhana Peringati Hari Bumi di Tengah Covid-19"

Posting Komentar

Notes:
Centang "Notify Me/Beri Tahu Saya" agar mendapatkan notifikasi balasan komentar admin melalui Email.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel