Masuk Jurusan Bahasa Inggris? Kamu Wajib Siapkan Hal Berikut!


"Akhirnya aku diterima di Sastra Inggris.."

"Wah, selamat yaa.."

"Keren banget.. bakalan jadi native nih.."

"Nanti ajarin aku grammar yaa.."

Hai hai !! Welcome freshman.., gimana udah pada nentuin jurusan kuliah belum? Atau maybe ada yang udah keterima? Wahh selamat yaa, But don't be so proud karena perjalanan berdarah kalian baru saja dimulai. In this glory moment, aku akan membagikan beberapa tips untuk *Freshman English Literature*, tips-tips ini berguna banget kok buat memudahkan jalan setapak kalian nanti. Selain itu nggak ada salahnya kan mempersiapkan diri sebelum benar-benar turun ke arena pertandingan.
I believe you will be survived with this tips.

1. Belajar Mencintai Buku

Kenapa sih harus buku lagi, buku lagi, buku lagi? Bosan kak.., yang lain dong..., Eitss jangan langsung di judge dong. Kasihan loh bukunya nggak salah apa-apa.

Kenapa harus buku? Karena nanti dalam perkuliahan, kamu akan dihadapkan dengan berbagai macam teori, jurnal, dan again BUKU. Kalau kamu nggak bisa mencintai buku, bagimana kamu akan menghadapi segala kenyataan nanti? Bukan cuman english departement aja kok yang berhadapan dengan buku. Semua jurusan pun juga begitu. Lagian nggak ada salahnya kok mencintai buku, kalian nggak akan di PHP-in atau diselingkuhin :(


Bagaimana caranya mencintai buku?

Sangat-sangat mudah banget. Temukan dulu buku yang membuat mu jatuh cinta (jatuh cinta ke bukunya ya, bukan ke mantanmu). Entah itu novel, cerpen, puisi atau apapun. Setelah itu, jangan asal dibaca saja.

Cermati isinya, beri highlight pada kata/istilah yang membuatmu penasaran atau yang belum kamu tahu. Kemudian cari tahu, nah ketika proses itu berulang, tanpa kamu sadari ilmumu akan bertambah. Pengetahuan kamu akan semakin luas , dan kamu akan merasa semakin haus terhadap pengetahuan. Dengan catatan, harus konsisten yaa bacanya. Semisal, sehari satu jam atau kalau keberatan 20 menit sudah cukup.

2. Menulis Sebagai Hobi Baru

Menulis surat cinta, kak? Atau menulis surat ijin/sakit? :( Bukan seperti itu yaaa... Belum juga masuk perkuliahan kok sudah bikin habit buruk.. no no no

Menulis yang dimaksud adalah menulis cerita: bisa novel, naskah drama, artikel, cerpen, dan puisi. Bisa juga Opini-opini kecil kamu tentang suatu hal. Di perkuliahan nanti kamu pasti akan berhadapan dengan yang namanya WRITING. Walaupun kamu tidak suka menulis, namun bagaimanapun juga kamu akan dipaksa menulis. Ingat yaa, ide dalam menulis nggak mungkin muncul tiba-tiba. 


Better you start right now!

So, better you start right now kan :)  Bisa dicoba dengan menulis apa yang kamu pikirkan sekarang, atau apa yang sudah kamu baca dari novel, artikel, dan berita. Lebih bagus lagi jika kamu bergabung dalam komunitas kepenulisan. Selain mendapat teman baru, kamu akan ter-motivasi lebih jauh lagi ketika melihat teman-temanmu mulai berprogress lebih.

Kamu juga bisa mencoba opsi lain, dengan mengirimkan karya kamu ke beberapa media online (ada tip menulis nya loo...) Tapi tidak semua karya kamu akan langsung di publish. Namanya juga belajar pasti tidak instan kan. Jadi jangan mudah putus asa yaa.

3. Everything in English


Namanya juga English Department, pasti kamu akan sering bertemu dengan bahasa Internasional ini. Sebelum akhirnya kamu kewalahan dengan bahasa ini, lebih baik mulai sekarang kamu biasakan untuk menyelipkan bahasa inggris di setiap aktivitasmu. Seperti baca buku dan menulis diary berbahasa inggris, melihat channel youtube native, nonton film western tanpa subtittle, atau monolog bahasa inggris. Kalau hal itu kamu lakukan secara rutin, tanpa tidak sadar kamu akan terbiasa menggunakannya. Akupun juga sudah melakukannya, dan tanpa sadar tiba-tiba grooming pakai bahasa inggris. 

Apa Pentingnya Bahasa Inggris Menjadi Rutinitas?

"Ngapain sih kak, kan aku udah jago, aku juga udah banyak vocab kok..”

“Kalau pun nggak ngerti dosen ngomong apa, kan bisa google translate..”

“Nggak usah lah kak mempersulit diri, bahasa indonesia masih enak didengar kok..”

Dear Freshman, bukan masalah kamu jago, faham, atau emang dasarnya kamu bule. Asalkan kalian tahu, di English Department itu bukan memakai bahasa inggris yang basic seperti yang kalian tahu sekarang ini. Ketika kalian masuk kelas pasti deh kalian akan dihujani vocab-vocab yang akademis.

Apalagi jika kalian bertemu dosen-dosen yang WOW amazing, dari awal sampai akhir pembelajaran full academic english. Kelewat dikit aja ,sudah hancur pemahamanmu di kelas. Iya jika semua dosen memperbolehkan mu membuka google translate. Jika kamu mengeluarkan hp di meja pun dilarang, bagaimana? Mau menunggu sampai kelas selesai? Yah keburu lupa tadi bapak dosen ngomong apa. 

Rekomendasi untuk Belajar Bahasa Inggris?

So, I have some recomendations for you. Untuk yang suka belajar British Pronounciation  lewat youtube ada channel nya ETJ-english dari Eliot. Kalau memperkaya British vocab dan slang word  ada channel nya EnglishwithLucy dari Lucy. Atau kalian ingin melatih kemampuan listening? bisa juga mampir di channelnya J&L dari Joel dan Lia. Yang lebih suka membaca, bisa membaca gratis di aplikasi Playbooks by Google. Disitu kalian bisa langsung translate tanpa harus pergi ke tab lain.

Jadi, jangan lupa mempersiapkan diri dengan baik yaa sebelum memasuki perkuliahan nanti. Jangan sampai kalian kekurangan bekal sebelum berperang. Karena sebaik-baiknya persiapan adalah yang sedini mungkin. Semangat Freshman :)

Oleh: Izzatun Nabila (Mahasiswi Sastra Inggris 19, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)

Dapatkan Update Artikel Bermanfaat Setiap Hari

Belum ada Komentar untuk "Masuk Jurusan Bahasa Inggris? Kamu Wajib Siapkan Hal Berikut!"

Posting Komentar

Notes:
Centang "Notify Me/Beri Tahu Saya" agar mendapatkan notifikasi balasan komentar admin melalui Email.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel