Mahasiswa Harus Produktif! Berikut Tips yang Wajib Diketahui

Tips Menjadi Mahasiswa Produktif di Kampus

FORUMBACA.COM – Menjadi produktif atau melakukan sesuatu yang bermanfaat adalah hal yang wajib bagi seorang mahasiswa. Jiwa semangat produktif harus dihadirkan pada diri seorang mahasiswa. Dalam kehidupan mahasiswa banyak tugas yang harus diselesaikan, hingga terkadang di akhir pekan merasa kehabisan waktu untuk refreshing karena masih banyak tugas yang menumpuk. Maka dari itu kamu perlu belajar dalam mengelola waktu yang baik agar bisa menjalani hari dengan baik dengan penuh semangat.

Bulan-bulan pertengahan tahun merupakan awal yang cukup strategis bagi calon dan seorang mahasiswa untuk mempersiapkan tenaga guna menghadapi kehidupan perkuliahan yang hendak di temui, lantas apa saja yang harus di lakukan khususnya mahasiswa baru untuk menjadi produktif? Yuk simak hal berikut!

7 Tips Wajib yang Harus Dilakukan Mahasiswa Agar Bisa Produktif di Kampus!


1. Cermat Dalam Memilih Teman

Sudah pasti lingkaran lingkungan membuat mahasiswa baru menemukan banyak teman, akan tetapi ingat bahwa teman sangat berpengaruh terhadap kesuksesan kuliah lho! Untuk itu, carilah teman yang memiliki frekuensi denganmu yang memiliki pengaruh positif bukannya toxic ya!

2. Adaptasi Lingkungan

Bagi anak rantau yang suka home sick, pasti suka belajar bagaimana cara adaptasi dengan lingkungan sekitar kampus. Nah dalam hal ini, buat kalian mahasiswa baru perlahan tapi pasti cobalah beradaptasi dengan lingkungan selama itu positif dan memberikan suasana baru! Sebisa mungkin sering-seringlah ikut berkumpul dalam komunitas sosial yang positif berdiskusi, dan utarakan pendapat yang ada di kepalamu untuk melatih pemikiran baru menghadapi dunia perkuliahan Guys!

3. Jangan Terlalu Banyak Gabung Organisasi

Masuk organisasi boleh, tapi kalian juga harus tahu bahwa kalian harus pintar membagi waktu untuk perkuliahan. Kalau dirasa sulit untuk membagi waktu perkuliahan, mending ikut organisasi jangan banyak-banyak ya! Ingatlah organisasi yang sehat, anggotanya pasti gak bakalan ngehambat kuliah kalian, yang ada malah kalian di bantu oleh seniornya! Namun kalau kalian sulit mengatur waktu Ikutlah satu atau dua organisasi saja, namun kamu benar-benar komitmen dan aktif disitu sampai akhir masa kuliahmu.

4. Belajar Bahasa Inggris

Ketika kalian kuliah nanti, banyak referensi berbahasa inggris yang harus kalian ketahui lho! Maka dari itu biasakan mulai sekarang untuk lebih mengoptimalkan kompetensi belajarmu.

5. Hindari SKS (Sistem Kebut Semalam)

Buat kalian yang suka mengerjakan tugas mendadak, mulai sekarang hindari ! Karna dunia perkuliahan tidak sesederhana pemikiran kalian, banyak tugas perkuliahan yang cukup sulit hingga tidak mungkin diselesaikan 1 hari saja. Ini sangat krusial, IPK atau nilai akademis itu penting Guys!

6. Sempatkan Olah Raga

Jangan sampai kamu menjadi mahasiswa mengalami sakit-sakitan, mulai gejala flu, batuk, pilek, deman dan sebagainya yang membuat tubuh kamu kurang fit dalam beraktivitas. Kamu harus membuat waktu khusus untuk berolahraga agar tubuhmu fit dan bugar. Dengan berolahraga secara teratur akan membuat produktivitasmu meningkat serta dapat meningkatkan konsentrasi dan stamina. Setidaknya lakukan olahraga 3 kali seminggu kurang lebih 30 menit tiap harinya.

7. Atur Waktu Istirahat

Tidur merupakan bentuk istirahat terbaik, sebagai mahasiswa kamu harus pandai-pandai mengatur waktu istirahat, jangan sampai karena tugas kamu yang menumpuk membuatmu tidak sempat tidur dan membuatmu sakit. Tidur yang cukup bukan berarti harus lama, tetapi tidur berkualitas yang ketika bangun membuat tubuh kamu fresh dan bugar.

Sebagai mahasiswa baru carilah tantangan yang bermanfaat, perhatikan kualitas daripada kuantitas, stop membandingkan dirimu dengan sekelilingmu dan berkembanglah dengan tulus! Lantas, Apakah kalian siap menjadi mahasiswa baru yang produktif?

Ditulis: Vetrin Rukmanansa
Editor: Fajar Wahid Rifai

Dapatkan Update Artikel Bermanfaat Setiap Hari

Belum ada Komentar untuk "Mahasiswa Harus Produktif! Berikut Tips yang Wajib Diketahui"

Posting Komentar

Notes:
Centang "Notify Me/Beri Tahu Saya" agar mendapatkan notifikasi balasan komentar admin melalui Email.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel