Clap For Our Carers, Tradisi Menarik di UK Hargai Tenaga Medis

Clap For Our Carers, Tradisi Menarik di UK Hargai Tenaga Medis

FORUMBACA.COM - Sudah lebih dari 3 bulan Pandemi Covid19 berlangsung. Seluruh negara juga sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menanggulangi pandemi ini. Masyarakatpun juga turut andil dalam penanganan wabah ini. Berbagai macam cara untuk menghargai jasa para pejuang pandemi juga mulai dilakukan.

Seperti paket makanan yang khusus diberikan dari warga kepada para tenaga medis. Bantuan APD dari warga secara sukarela untuk tenaga medis. Maupun sambutan-sambutan hangat warga ketika mereka pulang kerumah.Kepedulian masyarakat begitu besar terhadap para pejuang pandemi.

Apa itu Clap For Our Carers?

Tradisi barupun mulai muncul di UK, yaitu Clap For Our Carers. Kampanye ini melibatkan seluruh penduduk Inggris untuk menghargai perjuangan pekerja National Health Service( NHS) sebagai pejuang di garda terdepan. Kampanye ini dilakukan dengan bertepuk tangan dari rumah masing-masing setiap hari Kamis pukul 8 malam. Warga melakukannya sekitar 10-15 menit dengan disertai  teriakan kebanggaan kepada para pekerja NHS.

Siapa Saja yang Bisa Ikut?

Clap For Our Carers, Tradisi Menarik di UK Hargai Tenaga Medis
Para pejabat tinggi pun juga ikut memeriahkan kampanye ini. Perdana menteri Inggris Boris Johnson dan Kanselir Rishi Sunak memimpin Clap For Our Carers dari Downing Street, sementara Pangeran George, Pangeran Charlotte dan Pangeran Louis memeriahkannya dari rumah mereka di Norfolk. Pengeran Charles ,yang dikabarkan positif Covid19 bulan lalu, ikut memeriahkan dari rumahnya di Balmora estate.

Dari Mana Asal Usulnya?

Clap For Our Carers digagaskan oleh blasteran London Belanda Annemarie Plas, yang terinspirasi setelah melihat hal serupa yang ditujukan kepada petugas kesehatan di tanah kelahirannya ,Belanda. Kampanye seperti ini sudah terjadi di negara-negara lain yang terdampak seperti Italia,Bulgaria, dan Spanyol.

Sedangkan dari Belanda, kampanye ini menyebar melalui media sosial dengan tagar #klapcoronadewerelduit yang sebenarnya dibuat oleh tiga wanita yang memiliki anak dengan penyakit kronis.Mereka ingin menyebarkan pesan solidaritas di antara warga yang telah bekerja sangat keras dalam beberapa minggu terakhir melawan Pandemi ini.

Sama halnya dengan Belanda, Kampanye ini dimulai Kamis,26 Maret di UK dan kemudian menyebar luas melalui sosial media. Sekarang kampanye Clap For Our Carers tersebut sudah menjadi bagian tradisi dari UK selama masa pandemi ini berlangsung. Waktunya pun ditetapkan setiap hari kamis pukul 8 malam.

Bagaimana upaya UK  menghargai NHS sejauh ini?

Sejauh ini, warga UK telah memeberikan penghargaan sekaligus semangat kepada NHS melalui kampanye Clap For Our Carers .Selain itu, inisiatif warga lokal untuk memberikan bantuan semampu merekapun telah sering dilakukan.
Clap For Our Carers, Tradisi Menarik di UK Hargai Tenaga Medis
Supermarket termasuk Tesco dan Sainsbury’s telah menetapkan jam belanja khusus untuk para pekerja NHS. Para pengemudi taksi di Glasgow juga memberikan tumpangan gratis untuk para pekerja NHS.Pemerintah juga menggratiskan tarif parkir untuk para pekerja NHS dan staf-staf yang berpengaruh.
Clap For Our Carers, Tradisi Menarik di UK Hargai Tenaga Medis
Beberapa bagian daratan telah diwarnai lampu dan tulisan-tulisan biru sebagai bagian dari kampanye tersebut, termasuk London Eye,Katedral Lincoln, dan Stadion Wembley, sebagai tanda terima kasih kepada NHS, dengan tagar #LightItBlue yang sedang tren di twitter.

Berikut Video Keseruan Clap For Our Carers


Ditulis: Izzatun Nabila (Mahasiswi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)
Referensi: telegraph.co.uk

Dapatkan Update Artikel Bermanfaat Setiap Hari

Belum ada Komentar untuk "Clap For Our Carers, Tradisi Menarik di UK Hargai Tenaga Medis"

Posting Komentar

Notes:
Centang "Notify Me/Beri Tahu Saya" agar mendapatkan notifikasi balasan komentar admin melalui Email.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel