Mengenal Dunning Kruger Effect , Ketika Sok Pintar Menghasilkan Kepercayaan Diri !

FORUMBACA.COM - Hai sobat baca , pernah nggak kamu mendapati netizen di media sosial yang jelas-jelas salah tapi tetap merasa benar? Atau mungkin kamu memiliki teman yang sering sekali sok tahu dalam segala hal? Wah, bisa jadi orang-orang itu mengalami Dunning Kruger Effect, sobat.
meme dunning kruger effect donald trump

Apa itu Dunning Kruger Effect?

Jadi, apasih Dunning Kruger Effect ? Dunning Kruger Effect biasa didefinisakan sebagai bias kognitif dimana seseorang merasa superior atau merasa kemampuan mereka jauh lebih tinggi dari yang sebenarnya. Hingga mereka tidak mengenali kemampuan mereka sendiri.

Dunning Kruger Efect sering dialami oleh orang-orang yang baru saja belajar hal baru. Apalagi, Ketika mereka menyadari bahwa hal baru yang mereka pelajari itu tidak di ketahui oleh orang-orang sekitarnya. Mereka akan sangat percaya diri dalam menjelaskan atau bahkan memberi tanggapan berlebihan akan hal tersebut. Sehingga mereka tidak menyadari kebodohan yang mereka miliki.

Siapa Penemu Teori Dunning Kruger Effect ?

Teori ini dikembangkan oleh David Dunning dan Justin Kruger (1999). Mereka terinspirasi dari aksi McArthur Wheeler,seorang perampok bank, yang menggunakan perasan air jeruk untuk menutupi wajahnya. Ia meyakini bahwa perasan air jeruk itu akan membuatnya tidak terlihat dan tidak terekam kamera CCTV. Sama halnya dengan tinta perasan air jeruk yang membuat tulisan tidak dapat terlihat.
McArthur menyiram wajahnya
McArthur ketika menyiram wajahnya ☺☺☺ (giphy.com)

Untuk mengkaji lebih dalam fenomena tersebut, David dan Justin mengadakan eksperimen dengan merekrut sejumlah orang untuk mengerjakan soal logika, grammar, dan memberi tanggapan beberapa humor. Kemudian David dan Justin tidak serta merta memberitahu nilai setiap partisipan.

Bagaimana Reaksi Para Partisipan?

Para Partisipan diminta untuk memprediksi nilai yang akan mereka peroleh sekaligus memprediksi dimana posisi mereka diantara partisipan lain.

Hasilnya seperti yang dapat kalian ketahui, partisipan dengan nilai rendah memprediksi dirinya mendapat nilai tertinggi, sedangkan partisipan dengan nilai tinggi justru memprediksi dirinya mendapat nilai rendah dari partisipan lain.
grafik fenomena dunning kruger effect

Apakah semua orang yang merasa benar selalu mengidap Dunning Kruger Effect

Menurut David dan Justin ada beberapa ciri yang mengindikasikan hal tersebut, seperti : Cenderung berlebihan menilai tingkat keahlian nya, Tidak mampu mengenali keahlian orang lain, tidak mampu mengenali kebodohannya sendiri, dan tidak mampu mengakui serta mengenali kekurangannya sendiri.

Jadi, sobat baca, dari Teori Dunning Kruger Effect ini, bisa disimpulkan bahwa kepakaran berkolerasi positif dengan kerendahan hati. Yang artinya, semakin luas pengetahuan orang tersebut semakin ia merasa bodoh dan tidak menyombongkan diri.

Diatas langit masih ada langit

Percaya diri boleh kok, tapi tetap rendah hati dan jangan sombong ya, sobat baca..

Oleh : Izzatun Nabila

Dapatkan Update Artikel Bermanfaat Setiap Hari

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Dunning Kruger Effect , Ketika Sok Pintar Menghasilkan Kepercayaan Diri !"

Posting Komentar

Notes:
Centang "Notify Me/Beri Tahu Saya" agar mendapatkan notifikasi balasan komentar admin melalui Email.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel