Warung Kopi (Warkop) Sebagai Ruang Diskusi Generasi Milenial

Warung Kopi Sebagai Ruang Diskusi Generasi Milenial - Rais Fauzan

FORUMBACA.COM - Perkembangan masa depan Bangsa Indonesia sangat ditentukan oleh generasi muda. Generasi muda yang meliputi pemuda-pemudi yang masih berstatus pelajar, mahasiswa maupun yang sudah menyelesaikan studinya merupakan elemen penting dalam mewujudkan cita-cita dan kedaulatan bangsa.

Banyak hal yang harus dilakukan generasi muda sebagai garda terdepan dalam memajukan bangsa ini. Dari sekian banyak hal itu ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan yaitu pertama, meningkatkan kembali jiwa nasionalisme masyarakat yang mulai menurun. Kegiatan ini bisa dengan melakukan sosialisasi langsung ke dalam kehidupan masyarakat dengan memberikan pengetahuan tentang nasionalisme. Kedua, memberikan contoh atau teladan bagi lingkungan sekitar. Sikap para generasi muda akan menjadi penentu bagaimana kehidupan bangsa selanjutnya. Jika generasi muda sebagai penerus bangsa telah rusak kehidupannya, maka tidak bisa dielakkan kehidupan bangsa kedepannya akan rusak juga.

Maka sebagai penerus bangsa, kita harus memberikan teladan yang baik, bukan sebagai sebuah tuntutan tapi sebagai tuntunan kedepannya, maka akan tampil para pemimpin-pemimpin yang berkualitas, berwawasan luas serta berjiwa nasionalisme yang akan membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.

Pada saat ini generasi muda yang berada pada usia kisaran 15 – 34 tahun yang akan menjadi penerus bangsa selanjutnya, terdapat istilah unik yang tersemat pada generasi tersebut, yaitu Generasi Milenial. Generasi ini merupakan kelompok demografis setelah generasi X, dengan kisaran tahun kelahiran pada awal 1980-an dan pertengahan 1990-an sampai awal 2000-an. Generasi ini mendapat tanggung jawab besar untuk membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. Karena akan menjadi tumpuan dan harapan bangsa Indonesia.

Generasi milenial diharuskan bisa menghidupkan kembali semangat dan makna sumpah pemuda terutama pada era reformasi sekarang. Perkembangan teknologi yang kian pesat, menjadi tantangan tersendiri bagi penerus bangsa saat ini. Generasi milenial yang tidak bisa lepas dari keberadaan teknologi tersebut. Hal ini bisa ditandai dengan meningkatnya penggunaan alat komunikasi, media dan teknologi digital. Dengan menjamurnya social media yang rata-rata penggunanya generasi milenial, sehingga membuktikan bahwa generasi ini sebagai pelaku utama dalam perkembangan teknologi.

Sebagai pengguna aktif di dunia maya. Akses internet menjadi hal utama yang dibutuhkan. Tidak hanya dengan layanan yang disediakan oleh perusahaan internet, tapi juga oleh Wi-Fi (wireless fidelity) yang disediakan di berbagai tempat, termasuk warung kopi.

Warung kopi sudah menjadi tempat yang paling digemari oleh para Milenial. Bukan hanya sebagai tempat menyelam di dunia maya dengan internet yang disediakan, tetapi juga tempat untuk melepas penat hingga larut malam yang disebabkan berbagai aktivitas yang padat seperti kuliah, bekerja, atau menyalurkan minat dan bakat. Warung kopi menjadi trendi tempat nongkrong asik bagi para generasi milenial. Baik itu hanya sekedar mengerjakan tugas atau hangout bersama teman. Secangkir kopi yang menemani bisa menjadi teman terbaik untuk nongkrong. Apalagi jika warung kopi sudah didesain sedemikian rupa maka akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi generasi milenial untuk nongkrong berjam-jam.

Berbagai macam fasilitas yang disediakan warung kopi, mulai dari interior yang unik sampai kegiatan-kegiatan yang membuat betah para pengunjung. Salah satunya sebagai ruang diskusi. Ada beberapa warung kopi yang mengadakan kegiatan diskusi-diskusi bagi para generasi milenial, yang merupakan konsumen terbesar mereka. Hal ini patut untuk di apresiasi, mengingat agar milenial tidak menghabiskan waktu mereka di warung kopi hanya untuk kegiatan nongkrong yang tidak bermanfaat.

Terlebih lagi milenial merupakan garis terdepan penerus bangsa, mereka bisa menjadikan warung kopi sebagai tempat diskusi untuk membahas tentang perkembangan bangsa Indonesia. Seperti diskusi yang diadakan di televisi tentang permasalahan-permasalahan yang ada di Indonesia. Disini juga termasuk warung kopi sebagai tempat belajar yang asik bagi para milenial, bisa dengan menyediakan buku-buku bacaan bagi setiap pengunjung warung kopi. Sehingga warung kopi juga berperan sebagai wadah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Ditulis: Rais Fauzan

Dapatkan Update Artikel Bermanfaat Setiap Hari

Belum ada Komentar untuk "Warung Kopi (Warkop) Sebagai Ruang Diskusi Generasi Milenial"

Posting Komentar

Notes:
Centang "Notify Me/Beri Tahu Saya" agar mendapatkan notifikasi balasan komentar admin melalui Email.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel