4 Fakta Mengejutkan tentang Alam Semesta, Kanibalisme Hingga Planet Berlian lho!

www.wallpaperflare.com

FORUMBACA.COM - Ketika kita belajar mengenai sains, kata 'semesta' menjadi pusat utama dalam kajian. Banyak hal yang menakjubkan mengenai gravitasi, relativitas bahkan multiverse yang kini masih menjadi tanda tanya besar bagi para ilmuwan dunia.

Selain itu, garis besar semesta juga menyimpan berbagai misteri yang cukup sulit untuk di ungkap. Entah itu mengenai bagaimana bisa terdapat kecepatan cahaya yang sangat menakjubkan dalam ruang waktu maupun makhluk penghuni galaksi lain lho! 

Lantas bagaimana dengan faktanya? Apa saja fakta alam semesta yang akan membuat kita takjub? Yuk simak beberapa ulasan berikut :


1. GALAKSI KANIBAL

 Sumber gambar : https://solarsystem.nasa.gov/news/1068/10-questions-you-might-have-about-black-holes/
Seperti yang kita tahu bahwasanya galaksi bersifat kanibalistik, bahkan galaksi yang sedang kita tinggali (bimasakti) juga merupakan galaksi pemakan galaksi lain dengan massa 25% dari ukurannya ketika mereka saling bertabrakan. Peristiwa tersebut diklaim pada 10 miliar tahun lalu. Jadi bukan hanya galaksi Andromeda saja yang terkenal kanibal guys!

2. LUBANG HITAM 

Sumber gambar : www.techexplorist.com/

Lubang hitam adalah Objek fisik luar angkasa yang memiliki kekuatan super gravitasi. Ada 3 jenis lubang hitam antara lain Stellar, Miniatur dan super masif. Lubang hitam terkenal akan daya tariknya yang bisa menghisap materi, lantas bagaimana jika kita terhisap?

Kita bisa menelisik ucapan Sir Martin Rees bahwasanya konsep Spaghettification akan muncul. Dimana ketika kita masih hidup setelah terhisap, kita akan mengalami pembengkokan antara ruang dan waktu. 

Nah secara garis besar kita bisa melihat segala hal yang sudah maupun yang belum terhisap ke dalam lubang tersebut termasuk asal - usul alam semesta lho!

3. Saat Kita Melihat langit Malam, kita melihat Masa lalu


Masa lalu? Ups ini bukan hanya perihal kenangan guys, namun juga bisa berarti hal-hal yang telah terjadi di masa lampau semesta. Keindahan cahaya bintang yang menghiasai langit malam bahkan tidak bisa dikatakan juga akan bersinar di masa mendatang. Karena bisa jadi beberapa bintang tersebut telah mati. 

Bagaimana bisa? Seperti yang kita tahu bahwa bintang yang terdekat dari bumi setelah matahari adalah Proxina Centauri, berjarak sekitar 39,7 triliun km atau jika diukur dengan kecepatan cahaya memerlukan 4,2 tahun cahaya. Nah itu berarti cahaya  memerlukan waktu sebanyak 4,2 tahun untuk perjalanan menuju bumi yang kita tinggali.

Jadi, cahaya yang dilihat oleh indera manusia pada saat melihat bintang tersebut membutuhkan waktu sekitar 39,7 trilyun km sejak dia dipancarkan untuk dapat dilihat langsung oleh manusia dari bumi. Bahkan bisa jadi bintang tersebut sudah mati dan meledak namun cahayanya baru sampai sekarang. Tidak hanya bintang namun jika kita menelisik semesta, kita bahkan menemukan Quasar yang sudah ada bahkan sebelum bumi terbentuk, wah!

4. PLANET BERLIAN

Sumber gambar : https://steemit.com/space/

Bagaimana dengan harta karun luar angkasa? Pasti mata kita akan tertuju pada penemuan planet yang bernama 55 Cancri-E ini guys. Jarak planet ini dengan bumi mencapai 230 Triliun mil lho! Di lain hal, sebuah studi menyimpulkan, setidaknya sepertiga massa planet tersebut atau setara dengan tiga kali berat bumi adalah berlian. 

Bukankah sangat menarik?
Alam semesta memang menyimpan hal yang menakjubkan di luar indera manusia, bahkan keberadaan semua galaksi masih banyak diperdebatkan hingga banyak yang berasumsi bahwa semesta tak memiliki batas. 

Lantas bagaimana menurutmu?
Demikian artikel dari Forumbaca.com yang dapat kami sampaikan, semoga bisa bermanfaat ya!


Referensi :


Oleh : Vetrin Rukmanansa

Dapatkan Update Artikel Bermanfaat Setiap Hari

Belum ada Komentar untuk "4 Fakta Mengejutkan tentang Alam Semesta, Kanibalisme Hingga Planet Berlian lho!"

Posting Komentar

Notes:
Centang "Notify Me/Beri Tahu Saya" agar mendapatkan notifikasi balasan komentar admin melalui Email.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel