2 Prinsip yang Harus Kamu Miliki Ketika Menjadi Anak Organisator

2 Prinsip yang Harus Kamu Miliki Ketika Menjadi Anak Organisator

FORUMBACA.COM - Organisasi, mendengar kata itu tentu yang langsung terbesit dalam fikiran kita adalah sebuah perkumpulan tertentu yang berjumlah dua atau lebih orang dimana mereka bersatu dan berkelompok untuk mewujudkan tujuan yang mereka miliki bersama-sama. 

Dalam kehidupan sehari-hari kita tentu tidak asing lagi dengan yang namanya organisasi, apalagi kita sebagai pelajar tentu banyak organisasi yang bisa diikuti seperti dalam jenjang sekolah SMP dan SMA. Misalnya terdapat organisasi umum yang tidak asing bagi kita seperti organisasi OSIS, MPK dan sebagainya. Sedangkan dalam jenjang yang lebih tinggi seperti perkuliahan terdapat organisasi Intra dan Ekstra kampus yang beragam.

Namun tahu kah kalian, bahwa dalam berorganisasi ada beberapa hal yang harus di perhatikan oleh organisator agar apa yang dia inginkan dari organisasi tersebut dapat tercapai dengan baik? Untuk itu Seorang organisator seharusnya memiliki rasa loyalitas dan totalitas agar organisasi berjalan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan.

 1. Pertama, Kenapa Kita Harus Memiliki Rasa Loyalitas?


Rasa loyalitas itu dapat menanamkan diri kita agar kita memiliki rasa memiliki pada suatu organisasi yang kita ikuti. Apa implikasinya? Tentu ketika rasa loyal tersebut sudah tertanam, akan muncul rasa tanggung jawab pada diri kita pada organisasi yang kita ikuti. Karena tanggung jawab dalam berorganisasi itu pun sangat pending dimiliki dari setiap anggota organisasi.

  2. Kedua, Kenapa Harus Memiliki Totalitas?


Karena totalitas dapat memupuk diri kita agar dapat melakukan pekerjaan kita dengan optimal. Dari totalitas akan diikuti beberapa rasa dari diri kita  yang penting dan harus dimiliki seorang organisator. Diantaranya yaitu prinsip perihal rasa professional, rajin, ulet, bersungguh-sungguh dll. Dari sifat-sifat diatas tentu akan memicu kestabilan kita untuk bekerja di dalam suatu organisasi.

Jadi, itulah hal-hal penting yang harus ada dalam diri seseorang sebagai organisator. Ketika kedua hal tersebut dapat benar-benar ada dalam diri seorang organisator, maka akan memberikan efek positif dalam organisasi. Selain itu tentu juga akan memberikan perkembangan jiwa pada diri seorang organisator tersebut untuk lebih menjadi manusia yang berkualitas dan produktif.

Kiriman tulisan oleh : Moh. Roihan Al Masyhar (Mahasiswa jurusan MPI UIN Malang)

Dapatkan Update Artikel Bermanfaat Setiap Hari

Belum ada Komentar untuk "2 Prinsip yang Harus Kamu Miliki Ketika Menjadi Anak Organisator"

Posting Komentar

Notes:
Centang "Notify Me/Beri Tahu Saya" agar mendapatkan notifikasi balasan komentar admin melalui Email.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel