5 Cara Mudah Memahami Materi Kuliah Tanpa Menghafal!

5 Cara Mudah Memahami Materi Kuliah Tanpa Menghafal!
FORUMBACA.COM - Sebagai seorang mahasiswa belajar dan memahami adalah sebuah kebutuhan wajib dalam menjalani kehidupan sehari-harinya di kampus. Dalam menghadapi pembelajaran di kelas, tak sedikit dari kita yang merasa kesulitan dalam menangkap atau memahami sebuah materi yang disampaikan oleh dosen, guru, ataupun teman kita yang sedang presentasi menjelaskan materi di kelas.

Hal ini merupakan suatu fenomena yang wajar, karena pada dasarnya setiap orang mempunyai kapasitas kemampuan berpikir dan memahami yang berbeda-beda. Ketika kamu kesulitan dalam memahami sesuatu, bukan berarti otak kamu itu lemah, kemungkinan ada faktor lain yang mengganggu yang menyebabkan kamu kesulitan dalam memahami.

Baca juga: Faktor Penyebab Sulit Konsentrasi dan Solusinya

Manusia memiliki dua jenis ingatan, yakni ingatan jangka pendek (short term memory) dan ingatan jangka panjang (long term memory). Para ahli mengungkapkan bahwa otak manusia mampu menyimpan sekitar 7 ingatan jangka pendek sekaligus dalam waktu 20 sampai 30 detik. Jadi, wajar saja kalo kamu lupa terhadap apa yang barusan kamu lihat atau dengar.

Berikut adalah tips cara cepat dan mudah dalam memahami materi kuliah tanpa menghafal! simak dan pahami, lalu praktikkan hal-hal berikut ini.

1. Pilihlah tempat duduk terbaik dan ternyaman

5 Cara Mudah Memahami Materi Kuliah Tanpa Menghafal!
Duduk di bangku depan bisa menjadi tempat duduk terbaik karena kamu akan lebih mudah fokus dan konsentrasi.

Namun, tempat duduk terbaik tidak selalu di bangku yang paling depan, bisa jadi kursi baris ke-2 atau ke-3 adalah tempat duduk terbaik.

Hal ini terjadi jika ruang kelas terlalu sempit sehingga kursi baris paling depan terlalu dekat dengan papan tulis ataupun layar proyektor bahkan dosen, sehingga akan mengurangi kenyamananmu dalam belajar.

Jadi, pilihlah tempat duduk pada zona depan yang sekiranya kamu nyaman.

2. Fokus pada pengajar atau pemberi materi

Baik dosen maupun teman kamu sendiri, ketika mereka menyampaikan materi, kamu harus benar-benar fokus dan memperhatikan dengan seksama apa yang disampaikannya.

Bagaimana cara kita fokus?
Pertama, siapkan niat dan diri kamu untuk menerima ilmu. Kedua, lihatlah mata dosen atau teman kamu yang sedang menyampaikan materi, dan amati semua gerakan tubuhnya. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk fokus.

3. Jangan mencatat dulu!

Sumber gambar: balerumah.com
Ketika dosen atau teman kamu menjelaskan materi di depan kelas, perhatikan dengan seksama apa yang disampaikan, jangan mendengarkan sambil membuat catatan.

“Mendengarkan sekaligus menulis akan membuat fokusmu menjadi terbagi.”

Selain itu, terkadang dosen juga tidak memberi waktu untuk mencatat. Daripada konsentrasi kamu terbagi dan catatan kamu tidak lengkap, lebih baik kamu fokus untuk mendengarkan materi yang disampaikan.
Bagaimana solusinya?
  • Rekam penjelasan dosen menggunakan voice recorder.
  • Memotret materi ppt yang disampaikan. 
Namun, menggunakan handphone juga dapat mengganggu konsentrasi kamu, jika memungkinkan kamu bisa minta file presentasi yang disampaikan di akhir sesi kelas.

4. Aktiflah bertanya dan memberi pendapat

Setelah dosen menjelaskan materi pasti akan ada sesi tanya jawab dan memberikan pendapat. Nah, ini kesempatan kamu untuk berbicara.

Dengan berbicara baik bertanya atau memberikan pendapat, hal ini akan menstimulus otak kamu untuk menyimpan informasi atau materi di ingatan jangka panjang.

Selain di dalam kelas, lakukan diskusi santai bersama temanmu saat waktu kosong. Dengan begitu kamu akan menjadi mahasiswa kritis dan terlatih dalam memahami sebuah informasi.

5. Simpulkan dan catat!

Setelah kamu mendengarkan, bertanya, dan memberikan pendapat. Coba simpulkan dan catatlah ke dalam buku kamu apa yang telah kamu pahami dengan bahasa kamu sendiri.

Jika ada informasi yang terlupa, kamu bisa membuka hasil rekaman suara atau file presentasi yang telah kamu simpan tadi. Kamu juga bisa menanyakan ulang kepada temanmu yang lain.

Demikian artikel mengenai Tips Cara Cepat dan Mudah Memahami Materi Kuliah Tanpa Menghafal! Apabila kamu memiliki tips atau cara lain, silahkan tuliskan melalui kolom komentar di bawah.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat, bagikan ke teman-teman kamu ya... Mari kita tebar kebaikan, semoga dapat memberikan manfaat untuk kita semua. Aamiin.

Dapatkan Update Artikel Bermanfaat Setiap Hari

5 Komentar untuk "5 Cara Mudah Memahami Materi Kuliah Tanpa Menghafal!"

  1. Artikel ini sangat membantu mahasiswa. Saya sudah mencoba dan benar bermanfaat.

    BalasHapus
  2. Bagus banget buat yang susah ngehafal nih. Mantull

    BalasHapus
  3. Keren sih, coba kalo semua mahasiswa bisa mencobanya

    BalasHapus
  4. Betul banget ini, fokus dan tempat duduk menjadi sangat penting dalam memahami pelajaran. Sehingga pelajaran tidak usah dihafal kalau udah paham

    BalasHapus
  5. Bagus nih tipsnya, buat temen² yang emang ga suka menghapal.

    Jangan lupa berdo'a juga ☺
    أعوذ باالله أن أكون من الجاهلين

    BalasHapus
Notes:
Centang "Notify Me/Beri Tahu Saya" agar mendapatkan notifikasi balasan komentar admin melalui Email.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel